Preceptorship

Tanggal Pelatihan

 

Investasi:

  •  

Keperawatan merupakan bidang keilmuan yang kompleks merujuk kepada integrasi antara teori dan praktik. Dalam implementasinya, pembelajaran praktik ini akan sangat membutuhkan lahan klinik, yaitu rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya untuk memberikan gambaran kondisi yang sesungguhnya bagi mahasiswa keperawatan. Pembelajaran klinik keperawatan yang baik akan menjamin terjadinya perubahan sikap dan keterampilan profesional yang baik pada mahasiswa melalui tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran klinik yang dapat diukur dan terarah dalam mencapai kompetensinya.
Keberadaan instruktur/pembimbing klinik yang baik, rumah sakit pendidikan yang memadai, dan perawat rumah sakit yang mengembangkan budaya komunitas professional keperawatan akan menjadi fasilitas utama dalam penyelenggaraan pembelajaran klinik. Beberapa cara diketahui dapat digunakan oleh pemegang kepentingan terkait dalam mewujudkan pembelajaran klinik yang ideal, seperti mentoring, fasilitasi, preseptorsip, dan teman sebaya. Di antara keempat metode tersebut, preseptorsip dianggap ideal untuk membantu peserta didik di lahan klink.
Dalam mewujudkan pembelajaran klinik yang ideal menggunakan metode preseptorsip, diperlukan adanya perawat klinik yang berperan sebagai preseptor.

Tujuan:

  1. Peningkatan mutu pendidikan keperawatan di seluruh Indonesia melalui pelatihan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring) untuk Dosen PT Keperawatan.
  2. Terbentuknya kerjasama institusi pendidikan keperawatan dalam mendukung penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring)
  3. Persiapan pelatihan modul: perencanaan program, pembuatan modul pelatihan, pembuatan sistem manajemen pembelajaran, metode rekrutmen peserta, menyiapkan narasumber/ pelatih dari FIK-UI, melibatkan narasumber/pelatih dari institusi pendidikan keperawatan luar negeri.
  4. Rekrutmen peserta pelatihan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring)
  5. Pelatihan modul pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring)
  6. Pendampingan peserta pelatihan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring)
  7. Evaluasi pelaksanaan pelatihan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring)
  8. Penyelenggaraan webinar dengan melibatkan peserta pelatihan sebagai pembicara.

 

Materi:

  1. Konsep Umum Pembimbingan Klinik
  2. Proses Pembimbingan Klinik
  3. Preceptorship dalam Pembimbingan Klinik
  4. Etik dan Isu dalam Pembelajaran Klinik
  5. Metode Pembimbingan Klinik
  6. Metode Pembimbingan Klinik
  7. Metode Evaluasi
  8. Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Klinik
  9. Simulasi Praktik Klinik

Fasilitas

Modul, Materi, Sertifikat 3 SKP PPNI dan Give Away/ Doorprize