![](https://training.nursing.ui.ac.id/wp-content/uploads/4-300x300.jpg)
Tanggal:
–
Investasi:
- Rp –
- R
Kebutuhan akan layanan rumah sakit yang bermutu semakin meningkat. Peningkatan ini terjadi seiring dengan membaiknya perekonomian dan derajat kesehatan masyarakat. Beberapa tahun belakangan ini, persaingan industri rumah sakit di Indonesia dalam hal memberikan pelayanan dan asuhan keperawatan yang bermutu, mengalami perkembangan yang cukup berarti. Masyarakat keperawatan harus selalu berbenah diri dalam meningkatkan mutu pelayanan dan asuhan keperawatan yang diberikan. Peningkatan mutu dilakukan dengan meningkatkan kualitas manajemen pelayanan keperawatan dan manajemen asuhan keperawatan. Hal ini menjadi landasan bahwa pengelolaan ruang rawat yang baik akan dapat mencerminkan mutu asuhan keperawatan yang baik pula.
Perawat manajer, baik di tingkat lini maupun middle, seringkali tidak memiliki kesempatan untuk mempelajari manajemen sebelum mereka menduduki jabatan tersebut. Padahal, sebagai seorang pemimpin, mereka dituntut untuk memiliki kemampuan kepemimpinan dan manajemen yang baik dalam menghadapi tuntutan mutu layanan dan asuhan keperawatan yang berkualitas.
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia memberikan kesempatan kepada perawat manajer (kepala ruangan, supervisor, manajer keperawatan, kepala bidang keperawatan) dan Komite Keperawatan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mengelola ruang rawat.
Tujuan:
Tujuan Umum
Peserta mampu meningkatkan kemampuan pengelolaan pelayanan keperawatan profesional di ruang rawat secara bertanggung jawab dan menunjukkan sikap kepemimpinan yang profesional.
Tujuan Khusus
Setelah menyelesaikan pelatihan pengelolaan manajemen ruang rawat, peserta mampu:
- Menerapkan konsep, teori, dan prinsip manajemen keperawatan dalam pengelolaan pelayanan keperawatan dan manajemen asuhan keperawatan pada klien di tingkat unit atau ruang rawat di suatu tatanan pelayanan kesehatan.
- Mampu menjadi agen pembaharu dalam kepemimpinan dan pengelolaan pelayanan keperawatan professional di tingkat dasar atau ruang rawat.
Materi:
- Kepemimpinan dan manajemen dalam keperawatan
- Perencanaan strategis bidang keperawatan
- Sistem pembiayaan di rumah sakit
- Kendali biaya di ruang rawat inap & rawat jalan
- Perencanaan kebutuhan tenaga dan penjadwalan
- Remunerasi & jenjang karir
- Mengevaluasi kinerja staf & Ongoing Professional Practice Evaluation (OPPE)
- Pengorganisasian bidang keperawatan
- Strategi pemberian asuhan keperawatan & peran pemberi asuhan
- Melakukan perubahan (leading Change)
- Membangun tim yang efektif (team building)
- Keselamatan pasien (patient safety) & pengendalian infeksi
- Pelayanan prima
- Sistem informasi keperawatan
- Etik dan hukum dalam keperawatan
- Supervisi dalam keperawatan
- Persiapan manajemen keperawatan dalam akreditasi SNARS-
Metode:
Untuk mencapai tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan, pelatihan ini akan menggunakan beberapa metode, yaitu :
- Ceramah dan diskusi
- Simulasi kasus
- Kunjungan ke rumah sakit terakreditasi SNARS
Fasilitas:
- Modul
- Sertifikat SKP PPNI