Pelatihan Aplikasi Outcomes Based Education (OBE) di Program Studi Keperawatan

Tanggal:

19 – 21 Mei 2022

Investasi:

  • Rp 1.079.999,- (Early bird s.d. 9 Mei 2022)
  • Rp 1.299.000 (Normal fee)

Outcomes Based Education (OBE) atau pendidikan berbasis luaran, merupakan elemen penting dalam perubahan persepsi tentang kurikulum dalam proses pembelajaran, yang selama ini dimaknai sebagai silabus kumpulan pengetahuan dan keterampilan untuk diajarkan kepada peserta didik. Parameter utama yang mendasari OBE adalah luaran berupa capaian pembelajaran (CP) atau Learning Outcomes (LO). OBE berfokus pada hasil pembelajaran yang diharapkan, dan kompetensi atau kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja/profesi lulusan.   Selain itu, OBE juga digunakan sebagai standar dalam asesmen dan akreditasi internasional.

Kegiatan pelatihan terdiri atas ceramah, diskusi kelompok dan kegiatan mandiri. Ceramah dimaksudkan untuk membekali peserta dengan pengetahuan teoritis, sedangkan diskusi kelompok bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta atas pengetahuan yang telah dipelajari, serta latihan untuk meningkatkan keterampilan menyusun dan mengembangkan kurikulum berbasis luaran.

Dalam kegiatan mandiri, peserta pelatihan berlatih menyusun dan mengembangkan kurikulum berbasis luaran dengan komponen-komponennya, memperhatikan keselarasan yang konstruktif (constructive alignment) dengan didampingi oleh fasilitator yang berpengalaman dalam pengembangan OBE di program studi. Untuk kelancaran pelatihan, peserta diharapkan membawa dokumen kurikulum masing-masing program studi sebagai contoh, dan laptop. Pada akhir workshop peserta diharapkan telah memperoleh rancangan pengembangan kurikukum berbasis luaran dan dan komponen-komponen penting terkait, sebagai bagian tak terpisahkan dalam sistem pendidikan berbasis luaran (OBE).

Tujuan:

Memperoleh pemahaman dan kemampuan dalam pengembangan kurikulum pendidikan tinggi berbasis luaran (Capaian Pembelajaran/CP) bagi program studi

  1. Mengintegrasikan OBE Framework dengan pendekatan Plan-Do-Check-Act (PDCA)
  2. Mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi kurikulum dengan pendekatan OBE
  3. Mengaplikasikan prinsip constructive alignment terhadap kebutuhan stakeholder, kurikulum, capaian pembelajaran, belajar dan mengajar serta asesmen mahasiswa
  4. Mengaplikasikan taksonomi Bloom dalam penulisan capaian pembelajaran
  5. Mendesain rubrik dan skema penilaian mahasiswa untuk mencapai capaian pembelajaran
  6. Mengaplikasikan change management dalam implementasi OBE

Materi:

  1. Nursing Curriculum
  2. Overview Industry (Education 4.0)
  3. Concepts of Outcome-Based Education (OBE)
  4. Learning Outcomes and Revised Bloom’s Taxonomy
  5. Backward Curriculum Design-Mapping
  6. Teaching and Learning Strategies
  7. Outcome Based Assessments/Rubrics