Perawat merupakan bagian penting dalam pembangunan kesehatan. Pelayanan keperawatan yang berkualitas dibutuhkan dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Asuhan keperawatan yang diberikan merupakan bentuk penerapan kompetensi yang dimiliki perawat. Berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan pasal 4 poin (1) a dan b, menyatakan bahwa perawat terdiri dari 2 jenis yakni Perawat Vokasi dan Perawat Profesi. Perawat profesi terdiri dari Ners, Ners Spesialis dan Ners Konsultan. Setiap jenjang perawat memiliki kewenangan dan standar kompetensi masing-masing. Pendidikan Tinggi Keperawatan terdiri atas pendidikan Vokasi (minimal DIII Keperawatan), pendidikan Akademik (Sarjana, Magister Keperawatan dan Doktor Keperawatan) serta pendidikan Profesi yang terdiri dari Ners, Ners Spesialis serta yang tertinggi adalah Ners Konsultan. Kompetensi yang dicapai seorang perawat akan menentukan kualitas pelayanan keperawatan kepada masyarakat. Institusi pendidikan keperawatan memiliki peran penting dalam pencapaian kompetensi perawat.
Institusi pendidikan keperawatan pertama di Indonesia berdiri pada tahun 1986 yaitu Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (PSIK FKUI) yang kemudian pada tahun 1997 melakukan perubahan status menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI). Sampai dengan saat ini FIK UI telah menyelenggarakan program pendidikan keperawatan mulai dari jenjang Sarjana dan Ners, Magister dan spesialis Keperawatan serta Doktoral keperawatan dan telah mendapatkan akreditasi A untuk setiap program studi.
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) sebagai Institusi Pendidikan Keperawatan di Indonesia memilki pengalaman menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring) dan pembelajaran jarak jauh luar jaringan (Luring) sejak tahun 2005. Sistem manajemen pembelajaran berbasis Teknologi informasi yang digunakan yaitu Student Center E-Learning Environment (SCeLE). Dalam sistem SCeLE, dosen dapat merancang kelas sesuai dengan Buku Rancangan Pembelajaran (BRP). Didalam SCeLE tersebut mahasiswa dapat mengakses kelas sehingga dapat melakukan aktivitas pembelajaran lintas ruang dan waktu. Pada tahun 2019 sistem manajemen pembelajaran berbasis Teknologi informasi mengalami transformasi menjadi E-learning Manajemen System (EMAS). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran di UI termasuk FIK-UI agar memudahkan mahasiswa mengikuti proses pembelajaran lintas ruang dan waktu.
Kegiatan pelatihan pembelajaran jarak jauh bagi dosen Perguruan Tinggi Keperawatan di Indonesia bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan keperawatan di seluruh Indonesia agar memiliki kompetensi yang tersertifikasi dalam melakukan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring).
Tujuan:
- Peningkatan mutu pendidikan keperawatan di seluruh Indonesia melalui pelatihan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring) untuk Dosen PT Keperawatan.
- Terbentuknya kerjasama institusi pendidikan keperawatan dalam mendukung penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring)
- Persiapan pelatihan modul: perencanaan program, pembuatan modul pelatihan, pembuatan sistem manajemen pembelajaran, metode rekrutmen peserta, menyiapkan narasumber/ pelatih dari FIK-UI, melibatkan narasumber/pelatih dari institusi pendidikan keperawatan luar negeri.
- Rekrutmen peserta pelatihan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring)
- Pelatihan modul pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring)
- Pendampingan peserta pelatihan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring)
- Evaluasi pelaksanaan pelatihan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring)
- Penyelenggaraan webinar dengan melibatkan peserta pelatihan sebagai pembicara.
Materi:
- Konsep pembelajaran daring
- Karakteristik pembelajaran daring
- Pemilihan metode dan media pembelajaran (Pengembangan media pembelajaran daring : whiteboard animation, screen recording, PPT voice)
- Jenis aktivitas pembelajaran daring
- Merancang kelas daring
- Pengembangan metode pembelajaran daring interaktif
- Evaluasi pembelajaran daring
- Pengembangan flipped classroom interaktif
- Teknik Pengambilan Video Praktikum dan Proses Editin
- Pembuatan Story Board Materi Praktikum
- Praktikum Menggunakan Vsim
- Konsep Tahapan Bimbingan Tugas Akhir
- Metode Ujian Tugas Akhir
- Pemilihan metode dan media pembelajaran
- Merancang Media Komunikasi Online untuk Bimbingan
- Merancang Borang Online untuk Ujian Tugas akhir
